Biografi Agus Salim -Aza & Ivan

wikipedia.com


Haji Agus Salim
(1884-1954)

Haji Agus Salim Lahir di Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat, 8 Oktober 1884. Agus Salim lahir dengan nama Mashudul Haq, yang berarti “pembela kebenaran" . Dia adalah anak keempat dari Sultan Moehammad Salim, yang bekerja sebagai seorang jaksa. Karena kedudukan ayahnya Agus Salim dapat belajar di sekolah-sekolah Belanda dengan lancar, selain karena ia adalah anak yang cerdas. 

Ia menempuh pendidikan dasar di Europeesche Lagere School (ELS), lalu dilanjutkan lagi ke Hoogere Burgerschool (HBS). Pada 1903 ia lulus HBS dengan predikat kelulusan terbaik di tiga kota, yaitu Surabaya, Semarang, dan Jakarta. Karena itu. Agus Salim berharap pemerintah mau mengabulkan permohonan beasiswanya untuk melanjutkan sekilah kedokteran di Belanda, tetapi permohonannya ditolak.

Pada tahun 1906, Salim berangkat ke Jeddah, Arab Saudi untuk bekerja di Konsulat Belanda di sana. Pada periode ini Salim berguru pada Syeh Ahmad Khatib, imam Masjidil Haram yang juga pamannya, serta mempelajari diplomasi.Sepulang dari Jeddah, dia mendirikan sekolah Hollandshe Inlandsche School (HIS), dan kemudian masuk dunia pergerakan nasional. Karir politik Agus Salim berawal di SI, bergabung dengan HOS Tjokroaminoto dan Abdul Muis pada 1915. Agus salim juga pernah menjadi anggota volksraad pada tahun 1921 - 1924

Diantara tahun 1946-1950 ia laksana bintang cemerlang dalam pergolakan politik sehingga sering dijuluki "orang tua besar" (the grand old man). Ia pun pernah menjabat mentri luar negeri RI pada kabinat presidentil dan pada tahun 1950 sampai akhir hayatnya dipercaya sebagai penasehat mentri luar negeri. setelah mengundurkan diri dari dunia politik ia menjadi pengarang buku dan meninggal pada 4 november 1954 pada umur 70 tahun

Agus salim memiliki Quotes yang berbunyi "Dalam negeri kita, janganlah kami yang menumpang" dan "memimpin adalah menderita" 

Agus salim dengan Sutan Sjahrir di gedung PBB, New York (1947)

sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Agus_Salim
https://www.biografiku.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CV Taruna Jaya Mandiri (Perusahaan Komanditer) - Elena

PT. Nestlé Indonesia -Aza

HANOI CITY (FAIZA D)