Jalan-jalan ke Taman Nasional Bromo Semeru, Indonesia

JALAN-JALAN KE TAMAN NASIONAL BROMO SEMERU,
INDONESIA
(Oleh : Alisha Ardelia Syawaline)

Hai! Saya Alisha Ardelia Syawaline biasanya di panggil Alisha. Kali ini aku akan mengajak kalian jalan-jalan ke Taman Nasional Bromo Semeru yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Kita akan berada di sana selama 5 hari 4 malam, dan perjalanan kali ini cocok untuk libur panjang bersama keluarga. 
Mau tau keseruannya? Baca sampai habis blog ini!

Yap, pertama kita akan berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju ke Bandar Udara Internasional Abdulrachman Saleh. Memakai pesawat terbang Garuda Indonesia pada jam 08.35 dan sampai di Malang pada jam 10.20. Durasi perjalanan dari Jakarta ke Malang, 1jam 45menit.  




HARI PERTAMA : MENDARAT DI KOTA MALANG

Setelah menempuh 1jam 45menit, waktunya untuk makan siang. Kita memilih makan siang di Bakso President. Basko President memiliki harga sekitar Rp15.000-Rp35.000. Setelah perut terisi penuh, kita akan beristirahat dan beribadah salat Dzuhur di jama' Ashar karena akan melanjutkan perjalanan yang panjang, di Masjid Agung Jami Malang. 

Hotel yang kita pesan jauh dengan kota Malang, tetapi dekat dengan Taman Nasional Bromo Semeru. Harga hotel per-malam mulai dari Rp1.576.800.



Dan kita akan langsung beristirahat di hotel, sekalian ibadah salat Maghrib dan Isya' di hotel karena, harus mengisi energi untuk mendaki gunung esok hari.

HARI KEDUA : MENDAKI GUNUNG BROMO

Di pagi hari kita salat Subuh di kamar hotel masing-masing dan kita akan mendapatkan free Breakfast dari hotel. Jadi, kita hanya mendaki gunung tidak melihat pada saat matahari terbit. Pertama kita akan berangkat dari Hotel ke tempat dekat dengan penjualan tiket menggunakan mobil. Dan kita akan berangkat setelah salat Dzuhur dan lagi-lagi kita akan menjama' dengan Ashar. Untuk memasuki Gunung Bromo, kita harus membeli tiketnya.

  Daftar Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo :

Wisatawan                      Hari Kerja    Hari Libur
Wisatawan Nusantara       Rp. 27.500     Rp. 32.500 
Wisatawan Mancanegara  Rp. 217.500   Rp. 317.500



Saat berada di puncak gunung Bromo, kita akan melihat keindahan pohon-pohon di sekitarnya. Setelah puas melihat keindahan dari puncak gunung Bromo, kita melanjutkan perjalanan untuk makan malam di Rehat Bromo Rest Area. Dan tempat ini tidak jauh dari Hotel Jiwa Jawa.


HARI KETIGA : MELIHAT SUNRISE DI PENANJAKAN BROMO

Untuk melihat sunrise, kita akan pergi ke Bromo Sunrise View Point. Di tempat tersebut adalah salah satu titik pandang yang memberikan fasilitas lebih modern pada wisatawan. Di sana terdapat gazebo, tempat duduk dan penjual-penjual makanan. Namun, karena ini tempat jujukan pertama para pengemudi jeep, biasanya tempat ini sangat ramai. Pada jam 03.00 pagi tempat ini sudah padat wisatawan yang ingin melihat sunrise. Jadi kita akan berangkat sangat pagi agar dapat view sunrise yang indah.



Kita tidak akan berlama-lama di sana pada saat jam 04.30, kita akan mengunjungi musholla Syariah Mandiri, untuk beristirahat dan ibadah salat Subuh. Musholla ini di beri nama Musholla Syariah Mandiri karena, Bank Mandiri Syariah yang membangun Musholla tersebut.


Setelah beristirahat dan Ibadah, kita melanjutkan perjalanan ke Penanjakan Bromo 1. Sebenarnya Penanjakan Bromo 1 juga salah satu Sunrise view point tetapi bedanya dengan Penanjakan Bromo 2, kita bisa melihat Gunung Bromo, Gunung Bathok dan Gunung Semeru yang berjajar dari Penanjakan Bromo 1. 



Setelah puas melihat keindahan pemandangan di Penanjakan Bromo 1, kita akan makan siang di Teras Bromo. Teras Bromo ini memiliki makanan yang pastinya membuat wisatawan kenyang dengan harga yang relatif terjangkau. Dan Teras Bromo memiliki banyak spot foto yang bagus karena desain ruangannya yang keren, di restoran tersebut terdapat benda-benda antik seperti kedai mobil dan kedai tersebut juga di pakai untuk menjual minuman hangat.


Setelah makan siang kita akan kembali ke hotel, untuk istirahat dan ibadah salat Dzuhur di kamar hotel masing-masing. Di hotel kita bisa menggunakan fasilitasnya seperti kolam berenang dan lainnya. Sekalian kita mengumpulkan energi untuk perjalanan panjang esok hari.

HARI KEEMPAT : WISATA KE BUKIT B 29 & PASIR BERBISIK                

Bukit B-29 popular baru-baru ini, berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Bukit ini menawarkan pemandangan tanpa harus mendaki karena, di sana terdapat kendaraan roda dua dan ada pula ojek di sana. Wisatawan bisa menunggu matahari terbit juga di Bukit B-29. Karena kita akan melihat matahari terbit, kita akan sampai sebelum matahari terbit. Jadi, kita akan bangun pagi. Dan kita tidak akan berlama-lama karena, kita harus melaksanakan ibadah salat Subuh di hotel.


Setelah Salat Subuh di kamar hotel masing-masing, kita akan pergi ke pasir berbisik. Pasir berbisik adalah spot berupa lautan pasir di sekitar Bromo. Disebut pasir berbisik karena ketika terkena angin, partikel-partikel pasir yang terbang membuat sensasi bunyi sayup-sayup terdengar.


Kita akan melanjutkan perjalanan kita ke air terjun Madakaripura. Air terjun tersebut masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Semeru. Keunikan air terjun tersebut adalah alirannya tidak deras hanya seperti sedang hujan. Namun pada saat jam 2, di sarankan wisatawan untuk meninggalkan tempat tersebut.

Setelah selesai menjelajah air terjun Madakaripura, kita akan beristirahat dan ibadah salat Dzuhur di jama' dengan Ashar di Masjid At-Taubah. Lalu, kita akan kembali ke hotel untuk berkemas barang untuk check-out esok hari.

HARI KELIMA : WISATA KE BUKIT TELETUBIES

Kita akan bangun seperti jam biasanya dan salat Subuh di kamar hotel masing-masing, dan kita akan sarapan di hotel. Kita akan salat Dzuhur di hotel juga karena, kita akan melewati perjalanan yang panjang. Sebelum kita kembali ke Jakarta, kita akan pergi ke Bukit Teletubies. Bukit Teletubies adalah Hamparan Savana pegunungan di sekitar Bromo. Gundukan-gundukan topografinya, serta hawa khas pengunungan akan memanjakan mata para wisatawan. 


Dan setelah puas melihat keindahan bukit teletubies, kita akan pergi makan siang di Ayam Bakar Langganan "Bu Sucik". Harganya sekitar Rp10.000-Rp69.000 dan tidak hanya menjual ayam bakar, di restoran itu juga menjual bebek goreng/bakar, ikan goreng/bakar dan lainnya. Setelah makan siang, kita akan menuju ke Bandar Udara Internasional Abdulrachman Saleh dan kita akan ibadah di Bandara. Kita akan boarding pada jam 15.10 dan sampai di Jakarta jam 16.30.

Sekian cerita Jalan-jalan ke Taman Nasional Bromo Semeru, Indonesia, bersama Alisha.
Terima Kasih!


DAFTAR PUSTAKA :

  1. http://sukamu.com/cd/wp-content/uploads/2014/08/o52k43.jpg
  2. http://www.topindonesiaholidays.com/blog/wp-content/uploads/2015/09/jiva-jawa-resort-41.jpg
  3. http://img.antaranews.com/new/2011/02/ori/20110201030712bromo280111-3.jpg
  4. https://i1.wp.com/infobanknews.com/wp-content/uploads/2017/06/IMG-20170625-WA0029.jpg?resize=300%2C169
  5. http://4.bp.blogspot.com/-VqPfu-jCzF0/U229rPfKNbI/AAAAAAAAAZ4/HvBeUpD2kzE/s1600/penanjakan+2+gunung+bromo.jpg
  6. http://www.noor-magazine.com/wp-content/uploads/2015/08/SILAT-BSM-300x180.png
  7. http://opentripbromo.com/wp-content/uploads/2015/03/penanjakan-1-bromo-opentripbromo.jpg
  8. http://destinasian.co.id/id/wp/wp-content/uploads/TERAS-BROMO-4.jpg
  9. https://3.bp.blogspot.com/-ORm9whdCtcM/VzePmI5KMqI/AAAAAAAAAuI/aKr7y9fZ9dUK1CLirXvYVWm1p6XxeiEtACLcB/s1600/b29%2B3.PNG
  10. http://www.agentwisatabromo.com/wp-content/uploads/2015/09/Padang-Pasir-Berbisik-Wisata-Di-Gunung-Bromo.jpg
  11. http://wisataterbaru.com/wp-content/uploads/2016/10/sejarah-lokasi-air-terjun-madakaripura-probolinggo.jpeg
  12. https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2014/09/Foto-2-Mengunjungi-Bukit-Teletubbies-Bromo.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CV Taruna Jaya Mandiri (Perusahaan Komanditer) - Elena

PT. Nestlé Indonesia -Aza

HANOI CITY (FAIZA D)