KUNJUNGAN KE HO CHI MINH VIETNAM
Oleh: Kishya Sabina

Halo teman-teman! Namaku Kishya. Pada tanggal 4-6 Agustus 2017 aku dan kedua orang tuaku akan jalan-jalan ke Ho Chi Minh City, Vietnam. Kali ini aku mau menceritakan tentang perjalanan ku ke Ho Chi Minh City di Vietnam selama 3 hari 2 malam. Semoga bermanfaat untuk kalian yang akan mengunjungi Ho Chi Minh City, Vietnam!

Pada hari pertama aku akan berangkat ke Ho Chi Minh City Vietnam, bersama mama dan papa ku pada hari Jumat. Aku izin pulang cepat dari sekolah. Aku bersiap-siap dengan cepat menuju bandara Soekarno-Hatta agar tidak tertinggal pesawat. Aku flight pada pukul 14.30 siang. Sesampainya di bandara, aku langsung check in pesawat dan lain-lain. Setelah semua selesai aku masuk ke dalam pesawat untuk menuju ke Bandar udara Internasional Tan Son Nhat, Ho Chi Minh City. Dari Jakarta menuju Ho Chi Minh City Vietnam, akan memakan waktu sekitar 3 jam lewat 20 menit. Diperkirakan aku akan sampai di Bandar Internasional Tan Son Nhat pada pukul 15.50an siang menuju sore. Perbedaan waktu Indonesia dan Vietnam tidak ada perbedaan. Mata uang Vietnam disebut Dong.

Bandar Udara Internasional Tan Son Nhat

Setelah 3 jam 20 menit, aku sampai di Bandar Udara Internasional Tan Son Nhat Ho Chi Minh City, aku menuju hotel yang bernama Aristo Saigon Hotel. Dari bandara menuju hotel akan memakan waktu sekitar 40 menit. Setelah 40 menit sampai, aku check in kamar lalu masuk ke kamar. Aku mendapat kamar nomer 102. Hotel nya terlihat mewah.  Hotel ini sangat nyaman bagiku dan biaya tdk begitu mahal. Design dari hotel ini terlihat modern. Lampu di kamar hotel itu sangat terang sehingga tidak terlalu gelap pada di malam hari. Aku sangat senang bisa menginap di hotel tersebut. Sebelum jalan-jalan aku segara melaksanakan shalat ashar.

Hotel Aristo Saigon

Setelah 1 jam istirahat di hotel, aku mencari makan di restoran. Nama restoran tersebut yaitu Café-Restaurant Ho Chi Minh. Makanan di restoran tersebut sangat enak, menu paling favorit bagi aku yaitu smoked salmon, pesto, and Gouda on baguette. Kata ku makanan itu sangat enak. Restoran tersebut ramai dengan pengunjung dari berbagai Negara. Restoran tersebut terlihat mewah bagi ku karena design nya yang modern sehingga terlihat mewah.

Cafe-Restaurant Ho Chi Minh

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 06.30, aku hanya jalan-jalan di dekat hotel ku saja. Ho Chi Minh City sangat indah pemandangan nya bagiku. Di Ho Chi Minh City sedang musim kemarau. Lumayan banyak pusat berbelanja di Ho Chi Minh City, aku akan jalan-jalan ke pusat berbelanja (mall) di Ho Chi Minh City pada hari kedua dimana aku berlibur di Ho Chi Minh City. Karena waktu berjalan dengan cepat, pada saat aku keluar dari sebuah mini market waktu pun sudah menunjukkan pukul 08.00, karena sudah malam akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke hotel untuk beristirahat. Sebelum aku tidur, aku melaksanakan shalat isya terlebih dahulu.

Hari Ke-2

Pada pukul 04.30 aku pun bangun dan segera melaksanakkan shalat subuh. Setelah shalat subuh, aku mandi dan siap-siap untuk jalan-jalan. Sebelum jalan-jalan, aku sarapan dengan cereal ‘Coco Pops’ cereal semacam koko crunch tetapi bentuknya kecil-kecil seperti nasi. Pada pukul 07.00 aku segera keluar hotel untuk jalan-jalan di pagi hari. Sambil menunggu mall dibuka, aku menunggunya di café sambil meminum teh susu di sebuah café bernama ‘No Stress Café’. Aku suka the susu di café tersebut, karena susunya yang sangat terasa sehingga sangat manis.

Setelah 30 menit duduk di café tersebut, aku pun memutuskan untuk jalan-jalan saja di sekitar hotel sekalian berolah raga. Tidak kerasa sudah pukul 10.30, pusat berbelanja/mall pun telah di buka. Aku akan jalan-jalan ke dua mall, yang pertama aku akan ke pusat berbelanja ‘Ben Thanh Market’ dan yang ke dua aku akan ke pusat berbelanja ‘Saigon Square’. Aku akan menuju ke ‘Ben Thanh Market’ dan akan memakan waktu sekita 30-45 menit. Setalah 45 menit, aku sampai di ‘Ben Thanh Market’. Aku akan mencari oleh-oleh buat keluarga ku yang berada di Jakarta terlebih dahulu dari ujung sampai ujung kita melihat0lihat satu persatu toko tanpa ada yang terlewati.
Aku sudah membli beberapa baju, dompet dan sepatu untuk beberapa keluarga ku. Waktu berjalan terlalu cepat sehingga sudah menunjukkan pukul 13.00, aku dan keluarga ku pun makan siang terlebih dahulu di rumah makan terdekat. Aku dan orang tua ku pun segera jalan menuju pusat berbelanja yang bernama ‘Saigon Square’,. Menuju pusat berbelanja tersebut kira-kira akan memakan waktu kurang lebih 45-55 menit. Setalah 50 menit sampai di ‘Saigon Square’, aku dengan orang tua ku pun mulai melihat-lihat satu persatu toko yang ada di pusat berbelanja tersebut. Disini aku akan membeli beberapa oleh-oleh untuk teman-teman sekelas dan teman-teman terdekat dan tidak lupa juga untuk guru-guru yang telah mengajari ku di SMP Pembangunan Jaya. Setelah aku membeli semua oleh-oleh dan barang yang ku butuhkan, aku akan segera balik ke hotel terlebih dahulu.

Ben Thanh Market

Saigon Square

1 jam kemudian, aku sampai di hotel ku lalu mandi sore dan beristirahat sebentar. Saat sedang beristirahat di hotel, waktu dengan cepatnya berputar pun sudah menunjukkan pukul 17.00 aku dan kedua orang tua ku akan keluar mencari rumah makan. Aku dan kedua orangtua ku pun memutuskan untuk makan di restaurant bernama ‘La Villa French Restaurant’. Restoran tersebut sangat mewah, sehingga ramai dengan pengunjung. Di restoran tersebut aku memakan beef serta kedua orang tuaku.

La Villa French Restaurant

Saat pukul 19.00, aku dan kedua orang tua ku pun selesai makan dan memutuskan untuk jalan-jalan ke ‘Khaisilk’. Disana adalah toko-toko di pinggir jalan raya (bukan bazaar). Di Khaisilk, aku hanya menemani mama ku karena mama ku ingin membeli baju dan tas dan tidak lupa oleh-oleh buat teman terdekat mama ku. Setelah 35 menit menemani mama ku berbelanja, papa ku memutuskan untuk kembali ke hotel karena langit sudah mulai gelap. Setelah 1 jam sampai di hotel, kami merapihkan barang2 yang akan di bawa esok hari untuk pulang ke Jakarta. Agar tidak ada yang tertinggal, kita pun merapihkan nya di saat malam hari sebelum esoknya kembali ke Jakarta. Setelah semua barang sudah rapih, kita pun mandi dan menggantu baju lalu tidur karena waktu sudah pukul 21.00.

Hari Ke-3

Pada pukul 04.30 seperti biasa aku dan kedua orang tuaku bangun dan melaksanakan shalat subuh. Setelah selesai shalat subuh, dengan bergantian kita mandi. Setelah mandi, kita hanya tidur-tiduran sambil menonton televise. Saat pukul 08.00, aku dan orang tuaku akan sarapan di hotel, aku sarapan dengan omelette dan nasi putih. Mama ku memakan cheese burger, sedangkan papa ku memakan corn soup. Setelah semua selesai makan, aku dan keluarga kembali ke kamar ku lalu siap-siap check out. Setelah semua beres, papa ku pun check out hotel tersebut. Rasanya berat meninggalkan liburan kali ini. Setelah itu kita pun menuju bandara Ho Chi Minh City. Pada 1 jam kemudian pada pukul 12.00, aku dan orang tuaku pun sampai di Bandar Internasional Tan Son Nhat. Flight aku pada jam 14.30. Setelah aku dan orang tuaku check in, imigrasi dan lain-lain, kita pun menuju tempat menunggu pesawat siap. Pada pukul 14.30 pesawat boarding lalu pada jam 15.00 pesawat pun take off.  Saat pulang pergi aku menaikki pesawat Garuda Indonesia.

Pada pukul 18.25, aku sampai di Bandara Soekarno Hatta Jakarta, dari Ho Chi Minh menuju Jakarta akan memakan waktu sekita 3 jam 20 menit. Alhamdulillah aku dan keluarga ku sampai di Jakarta dengan selamat. Saat tiba di Jakarta, aku di jemput oleh supir ku. Aku hanya berlibur 3 hari 2 malam karena besok aku harus pergi ke sekolah dan sedang banyak tugas atau ulangan.

Sekian pengalaman liburan saya di Ho Chi Minh City telah berakhir, mohon maaf kalau ada kekurangan atau kurang lengkap da nada beberapa kata yang tidak benar, terima kasih.