Taman Nasional Komodo, Indonesia

WISATA TAMAN NASIONAL KOMODO, INDONESIA
Oleh : Amanaia Maheswari

Haii..!

Namaku Naia, kali ini aku ingin berbagi pengalamanku ke Taman Nasional Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo selalu ramai dikunjungi wisatawan karena cuma disini kamu bisa melihat komodo di habitat aslinya.

Okee, pertama aku berangkat dari Jakarta menuju Laboan Bajo menggunakan pesawat terbang, sebenarnya aku bisa transit terlebih dahulu di Denpasar, Bali. Tetapi, aku memilih untuk tidak transit di Denpasar. Jadi saya berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Komodo, Laboan Bajo. Lama perjalanan yang ditempuh ± 90 menit.

Day 1 : Berangkat dan mendarat di Laboan Bajo

Saya mendarat di Bandara Komodo, Laboan Bajo. Waktu di Nusa Tenggara Timur 1 jam lebih cepat daripada di Jakarta. Setelah mengambil barang-barang, saya langsung pergi ke hotel untuk menaruh barang-barang dahulu lalu segera bersiap-siap untuk pergi ke Pantai Pink untuk melihat sunset.

Sumber : bahamas.jpg

Tetapi karena Pantai Pink lumayan jauh dari hotel yang saya tinggali maka, saya berangkat lebih awal agar tetap bisa melihat sunset-nya, walaupun hotel yang saya tinggali ini dekat sekali dengan pantai. Oh ya, saya menginap di Hotel Bintang Flores. Setelah menyaksikan sunset di Pantai Pink, lalu saya mencari makan malam dan kembali ke hotel untuk beristirahat.

Gambar terkait
Sumber : lb-010.jpg

Day 2 : Berwisata ke Taman Nasional Komodo

Saya yang tidak terbiasa bangun pagi, tapi kali ini saya bersemangat karena akan pergi ke Taman Nasional Komodo. Saya berjalan ke restoran hotel untuk sarapan pagi sehingga cukup mengisi perut untuk seharian berpetualang di Pulau Komodo.

Ada 2 tempat yang menjadi habitat Komodo yaitu Taman Nasional Komodo atau dikenal juga dengan nama Loh Liang (Pulau Komodo) dan Loh Buaya (Pulau Rinca). Untuk bisa mengunjungi kedua pulau ini kamu harus menggunakan kapal baik yang disewa secara langsung atau dengan mengikuti wisata harian. Saya mendapat paket yang cukup murah yang sudah  termasuk fasilitas makan siang dan snack. Setelah proses pembayaran, perjalanan pun segera di mulai.

4 Jam Di Atas Kapal

Perjalanan dari Labuan Bajo ke Pulau Komodo memakan waktu sekitar 4 jam tergantung dari tinggi gelombang. Barisan bukit-bukit yang ada ditengah laut adalah pemandangan yang indah. Meskipun di beberapa bukit yang tampak gersang juga tidak mengurangi eksotisme keindahan alam Pulau Komodo. Dan dengan air laut yang jernih, terlihatlah berbagai ikan-ikan kecil berwarna-warni.

Hasil gambar untuk naik kapal di pulau komodo
Sumber : img_003.jpg

Mengunjungi Sang "Raja" Di Pulau Komodo

Dalam hati sudah mulai deg-degan mengingat katanya si “raja” pulau ini lumayan galak dan suka menyerang. Namun karena sudah sampai di sini dan memang tujuannya untuk melihat Komodo kayaknya lucu aja kalau ujung-ujungnya tetap di kapal.

Gambar terkait
Sumber : Komodo700.jpg

Kami dijelaskan tentang Komodo oleh mentor kami. Lalu kami dijelaskan juga mulai dari jenisnya, sifatnya, kebiasannya, dan juga mengenai keberadaan pulau itu sendiri. Saya sendiri juga masih takut karena memang saya tidak terbiasa dengan binatang buas, tetapi saya tetap ingin mengunjungi pulau ini hehe. Lalu kami berfoto dengan salah satu komodo yang sedang berteduh dibawah pohon, tetapi saya menolak karena tidak berani tetapi saya tetap diajak dengan keluarga saya untuk kenang-kenangan yang akan dibawa ke Jakarta, hadeuh. Wisata di Pulau Komodo pun berakhir, ada rasa lega dan ada juga rasa sedih dan teringat masih ada 1 pulau lagi yang akan saya kunjungi.

Plang masuk ke komodo
                                                                 Sumber : proxy

Pulau Rinca

Perlahan kapal menjauhi Pulau Komodo dan kami makan siang di atas kapal. Perjalanan yang akan ditempuh sekitar 2 jam. Sesampainya di Pulau Rinca kesan gersang langsung bisa ditangkap oleh indera pengelihatan. Kesan gersang itu diperkuat dengan debu yang berterbangan di sekitar pulau.

Jalan setapak di Pulau Rinca
Jalan setapak di Pulau Rinca via blog.meow.fr

Di pulau ini ada banyak rerumputan yang kering. Kamu harus berhati-hati saat melewati pohon karena bisa jadi di sana ada ular pohon yang bisa saja mematuk kamu kalau tidak hati-hati. Di pulau ini tidak terlihat banyak komodo, tetapi saat perjalanan menuju kapal untuk pulang, ada beberapa komodo yang sedang berteduh di bawah pohon. Menurutku sih, pulau ini seperti pulau yang ada di Jurassic Park karena berpenghuni komodo

Menyaksikan Matahari Terbenam

Tak terasa bahwa wisata ke Pulau Komodo pun berakhir. Saat perjalanan pulang, hari sudah mulai gelap. Matahari mulai terbenam seolah bersembunyi di balik bukit yang terlihat dari kapal.

Sunset epic di labuan bajo
Sumber : gottakeepmovin.com

Day 3 : Ke Pulau Padar

Saya ingin menjelajahi sebuah pulau lagi, maka saya memutuskan untuk pergi ke Pulau Padar dan berangkat pada pagi hari dengan kapal. Untuk pergi ke pulau ini, membutuhkan waktu 3,5 jam di atas kapal. Pulau Padar bukanlah pulau yang berpenghuni, bahkan tidak ada bangunan satupun di sini.

20151217205041
Sumber : ifanishere

Langit yang sangat biru disertai matahari yang sangat terik dan panas membuat kami kelelahan dan rasanya ingin tetap di kapal saja. Tetapi berkat pemandangan yang sangat indah, saya berfoto-foto sehingga saya lupa dengan kelelahan saya sendiri.

Lalu, saya kembali lagi ke Laboan Bajo dari pulau ini selama 3,5 jam. Karena hari juga sudah menjelang sore, maka untuk kedua kalinya saya melihat sunset dari kapal lagi.

Day 4 : Hari Kepulangan Tiba

Tak terasa berakhirlah liburan saya ke pulau ini, ada rasa senang karena akan bertemu teman-teman kembali dan bisa saling bertukar cerita karena saat ini adalah pekan libran dan ada juga rasa sedih karena akan meninggalkan pulau ini sebentar lagi.

Di balik gedung hotel saya, terdapat pantai. Jadi, sebelum pulang saya ingin ke pantai dulu. Saya bermain di pantai hingga puas dan sampailah waktu untuk pulang.

Saat balik ke kamar hotel, saya berkemas dahulu lalu check out hotel dan mencari taksi untuk ke bandara. Saat sampai bandara Komodo Labuan Bajo, saya bergegas untuk check in pesawat karena saya kira sedikit telat karena terjadi kemacetan sebelum ke bandara ini dan ternyata saya masih sempat menuggu di ruang tunggu keberangkatan. Pesawat saya berangkat jam 15.00 WITA dengan memakai pesawat Garuda Indonesia dan sampai di Jakarta jam 15.30 WIB. Perjalanan yang ditempuh ± 90 menit.

Sekian pengalaman liburan saya ke Taman Nasional Komodo. Saya ucapkan Terima Kasih